Penggunaan e-commerce dalam sebuah bisnis online, memang sudah tidak diragukan lagi akan banyaknya keuntungan yang didapatkan. Bahkan, dengan hadirnya chat e-commerce dikatakan sangat membantu pebisnis dalam berinteraksi secara langsung kepada pelanggan mengenai produk yang dijual. Meski demikian, tak sedikit para pebisnis yang mengaku mengalami kerugian dengan adanya penggunaan e-commerce ini.

Kelebihan penggunaan e-commerce

Sebagian besar para pebisnis mengaku sangat terbantu dengan adanya chat e-commerce untuk menjalankan bisnis yang dijalankan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kelebihan – kelebihan dari e-commerce berikut ini: 

  • Terbukti mampu mengurangi biaya

Biaya operasional dalam sebuah bisnis online dikatakan lebih minim jika dibandingkan dengan bisnis secara offline. Dikarenakan, Anda tidak perlu menyewa biaya gedung atau bangunan untuk meletakkan barang dagangan yang akan dijual. Bahkan, Anda juga tidak perlu membayar tenaga kerja jika bisnis yang dijalankan hanya dijalankan perorangan. Tentu saja ini mengurangi biaya penggunaan bukan?

  • Memiliki potensi jangkauan yang sangat luas

Dengan memanfaatkan jaringan internet, maka chat e-commerce dapat menjangkau para pembeli produk di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, jangkauan ini juga bisa sampai ke seluruh dunia.  

  • Kemudahan akses yang dilakukan kapan saja

Sifatnya yang real time ini, mampu membuat e-commerce dapat diakses selama 24 jam berturut – turut. Tentu saja ini keuntungan yang besar bagi para pebisnis online tanpa harus susah payah membuka toko secara offline.

  • Memungkinkan terjadinya pertukaran informasi lebih cepat

Adanya chat e-commerce secara real time, sangat memungkinkan terjadinya pertukaran informasi produk secara lebih cepat. 

  • Lebih cepat dalam pengiriman barang

Keuntungan menggunakan e-commerce ini adalah dapat mempercepat pengiriman barang yang dipesan calon pembeli atau pelanggan.

Kelebihan penggunaan e-commerce

Di bawah ini ada beberapa kekurangan penggunaan e-commerce dalam sebuah bisnis online :

  • Lebih rentan terhadap potensi terjadinya aksi penipuan

Dalam sebuah bisnis online, biasanya ada pihak tertentu yang sering memanfaatkan keuntungan dengan melakukan penipuan terhadap calon pembeli. Sehingga, membuat calon pembeli kehilangan uang dengan produk yang sama sekali belum sampai di tempat tujuan.

  • Ada kemungkinan terjadinya pencurian data dan informasi tertentu

Dikarenakan berbasis online, maka ada kemungkinan terjadinya pencurian data dan informasi tertentu dari pihak calon pembeli. 

  • Berpotensi kehilangan kesempatan bisnis atau kerugian tertentu

Saat mengalami kondisi tertentu seperti human error atau tiba – tiba listrik pada, tentu akan berpotensi mengakibatkan kehilangan kesempatan bisnis dan juga kerugian bagi calon pembeli. 

  • Adanya kemungkinan akses yang dilakukan orang lain

Masalah yang satu ini merupakan hal yang serius dan patut untuk diwaspadai. Sebab, adanya kemungkinan akses yang dilakukan orang lain tanpa adanya autorisasi dapat merugikan pihak pebisnis. Seperti misalnya adanya pembobolan akun perbankan oleh hacker atau lain – lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *