Lampu Penerangan Jalan Umum atau lampu PJU adalah salah satu bagian dari infrastruktur perkotaan dan juga pedesaan, yang memerlukan penanganan dengan baik karena sangat vital fungsinya. Penerangan jalan umum (PJU) merupakan suatu hal yang penting sehubungan banyak sekali fungsinya bagi khalayak masyarakat banyak, antara lain sebagai antisipasi guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalanan yang dilalui oleh banyak kendaraan dan manusia yang berlalu lalang di sekitar lokasi lampu PJU tersebut, terkait dengan keselamatan dan keamanan para pengguna jalan yakni terutama di saat kondisi area sekitar lampu PJU berada menjadi gelap yakni seperti saat di malam hari atau pada saat cuaca mendung, atau saat terjadi gerhana dan lain sebagainya. Pemilihan dan perawatan lampu jalan perlu senantiasa diperhatikan, supaya kondisi jalanan dan lingkungan sekitar tempat terpasangnya lampu PJU itu dapat jelas terlihat dan sinar lampu jalannya dapat menerangi hingga ke seluruh sisi bagian dari jalan raya tersebut. Terdapat berbagai macam jenis lampu jalan yang sering dan telah biasa dipergunakan menjadi lampu PJU itu. Banyak sekali terdapat jenis macamnya teknologinya dan juga bentuknya, lampu PJU yang bisa dijumpai di jalanan ibu kota maupun berbagai kota besar dan daerah lainnya.

Kriteria Lampu PJU yang Baik

Kriteria suatu penerangan jalan yang baik itu setidaknya harus memenuhi 3 buah kriteria sebagai berikut.

Aman

Pertama dari segi keamanannya. Penting diperhatikan agar lampu PJU dipasang dengan benar, dengan secara kencang dan kuat, sehingga tidak akan mudah jatuh menimpa orang atau kendaraan yang lewat di bawahnya, pada tiang yang juga memiliki ketinggian yang cukup dari atas tanah, dan juga terbuat dari bahan yang aman, sehingga aman ketika ada anak-anak atau yang lainnya yang memegangnya, dan lain sebagainya. Pemasangan atau instalasinya juga perlu diperhatikan agar lampu PJU terpasang dengan rapi dan aman, antara lain tidak ada kabel atau kawat atau apapun yang menjuntai ke bawah sehingga mengganggu lalu lintas dan dapat membahayakan.

Ekonomis

Selain aman maka kriteria lampu PJU yang berikutnya adalah ekonomis, yakni memiliki daya terang yang cukup dengan harga beli per satuannya yang tidak terlalu mahal, demikian juga dengan kebutuhan daya listriknya yang tidak terlalu besar dan boros sehingga membebani anggaran daerah atau wilayah di lokasi tempat lampu PJU tersebut terpasang.

Estetika

Kriteria berikutnya adalah faktor estetika, yakni indah, cantik dan sedap dipandang mata bentuknya, baik itu desain bentuk lampunya maupun juga tiangnya, dan juga instalasi atau pemasangannya. Kabelnya juga dipasang dengan rapi. Bentuknya dan juga pemilihan lokasi pemasangan tiangnya tepat, tidak merusak keindahan pemandangan lokasi di lingkungan tempat lampu PJU tersebut berdiri.

Beberapa Lampu yang Memenuhi Kriteria sebagai Lampu PJU

Berikut ini adalah beberapa jenis lampu jalan yang memenuhi 3 kriteria sebagai lampu PJU yang baik tersebut, yakni ada Lampu HPL, dan Lampu SON-T serta Lampu LVD, dan lampu Neon, atau lampu HPL-N dan juga ada lampu LED yang kini juga bisa jadi lampu PJU. Secara garis besar dapat dibagi menjadi lampu berdaya listrik dan lampu berdaya sinar matahari.

Pilihlah salah satu dari lampu jalan yang memenuhi kriteria sebagai lampu PJU yang baik tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *